Tips dan Trik Menghadapi Ujian Nasional

UN sebentar lagi nih. Buat adik-adik sudah pada siap belum ? jangan bilang kalo kalian belum siap, !hee., coz UN tuh yang menentukan lulus tidaknya kalian dari sekolah. Kalo nggak lulus, malu banget kan.
Sebelumnya kalian sudah tau belom, batas minimal nilai kelulusan tiap tahun tuh selalu meningkat. Mau nggak mau kita juga mesti siap dengan keadaan itu.

Takut nggak lulus ??? mesti lah, karena dengan ketakutan itu justru bisa menjadi motivasi kalian buat berusaha semaksimal mungkin. But, slow down baby..,! Disini aku pengen sedikit berbagi tips dan trik menghadapi UAN. Loh, kok sok tau banget kak? emang UN dulu kakak lulus apa?mesti nilainya jelek..! :p
Wew,,jangan salah, gini-gini aku tuh dulu lulus dengan nilai UN yang lumayan lho..!hee...

Ada beberapa tips dan trik dari aku (belajar dari pengalaman), yang mungkin bisa kalian terapkan besok, baik sebelum, ketika, maupun setelah UN.

Sebelum UN:
1. 2 minggu sebelum UN kalian harus sudah menguasai semua materi.
2. Jaga kesehatan pastinya.
3. Selalu berdo'a + sholat 1/3malam(buat yg beragama islam).
4. Selalu dekat dan patuh pada perintah orang tua.(emank harusnya tiap hari begitu kan ??? :D )
5. Koordinasi dengan teman 1 kelas.(moto : Masuk sama-sama, keluar juga harus sama-sama). Hilangkan rasa egois, individualis. Walaupun mungkin ada yang lagi benci dengan temannya, hilangkan perasaan itu. Minimal selama Ujian lah.
6. JANGAN DICONTOH KALAU NGGAK TERPAKSA: Cari chanel atau relasi teman yang bisa dipercaya untuk membantu saat mengerjakan ujian.
7. Sebelum berangkat mengerjakan UN, siapkan alat tulis, dan peralatan lain yang dibutuhkan(termasuk Hp! xiixiixii..).

Ketika UN:
1. Berdo'a sebelum mengerjakan soal.
2. Lingkari dulu bagian identitas kalian(nama, no.ujian, dll)
3. Jangan gugup ketika mengerjakan.
4. Kerjakan dulu soal yang kalian bisa.
5. Jangan terpaku pada 1 soal yang kalian anggap susah, hingga menghabiskan banyak waktu. Lewatin  saja..!
6. Jika otak kalian sudah mentok nggak bisa mengerjakan, lakukan langkah dibawah !(optional)
7. JANGAN DICONTOH KALAU NGGAK TERPAKSA !!! : Tunggu jawaban dari teman, entah langsung atau lewat sms (realistis boleh donk ! :D).
8. Pastikan lingkaran jawaban kalian bisa terbaca(rapi,nggak terlalu tipis,gunakan pensil standard Ujian)

Setelah UN:
1. Jangan berhura-hura karena merasa sudah melewati masa kritis.
2. Tetap biasakan belajar walau intensitasnya kecil (buat persiapan SNMPTN : bagi yang ingin melanjutkan kuliah).
3. Banyak-banyak meluangkan waktu bersama teman2 sekelas ato teman sekolah, karena setelah lulus kemungkinan kalian akan berpisah.
4. Selalu berdo'a dan minta hasil yang terbaik.

-->Kak, kalau ketahuan ama pengawasnya ketika nyontek gimana??? -->Menurut pengalamanku ketika UN, pengawas akan lebih lunak. Dan jarang sekali ada pengawas yang dengan kejam
mengambil jawaban siswanya yang ketahuan nyontek. karena mungkin ini menyangkut masa depan siswa. Selain itu, ini juga menyangkut nama baik sekolah, maupun daerah(kecamatan,kota/kabupaten). Mana ada orang tua(pengawas) yang tega menghancurkan masa depan seorang anak(siswa).

Ada yang nggak setuju dengan tips dan trik diatas??? boleh-boleh aja kok. Mungkin ada yang menganggap diri nya sempurna, sehingga gak butuh hal-hal seperti diatas. Tapi asal kalian tahu, banyak siswa yang berprestasi tapi gak lulus UN. Tahu alasannya kenapa? Karena mereka menganggap diri mereka pintar, cerdas, sempurna. Sehingga merasa bisa mengerjakan sendiri, dan gak butuh bantuan orang lain. Ingatlah kebersamaan kalian, 3 tahun berteman bukanlah waktu yang sebentar. Suka dan duka telah kalian lewati bersama. Apa kalian mau melihat teman kalian ada yang gagal???
Jawabannya ada pada diri kalian sendiri.

8 comments

Arta
April 17, 2011 at 3:11 AM

wah.,wah.,ngajarin jelek tuh . .!tp tak apalah,,bisa dicoba...!:D

April 28, 2011 at 9:45 AM

Shoutmix nya kok ga keliatan yah,sob.. yeremia uda pasang link sobat yahh.. tolong diliat shoutmixnya tuh,sob.. sayang kalo ada yg blog walking

October 26, 2011 at 11:38 PM

hahaha :D ,, baguss makasihh ya tips nya :)

October 30, 2011 at 3:45 AM

sama-sama...,! :)

Anonymous
January 23, 2012 at 12:07 AM

waduh, sy tdk setuju kalau harus kerja sama atau nyontek, bukannya tdk peduli dgn teman yg lain tap justru krn rasa ayang kita ke mrk tdk seharusnya kt memberikan contekan krn kt dan mrk akan dap DOSAnya dihadapan sang Maha Esa, un ini hanya unt masa depan di dunia kalau nyontek maka akan berakibat dosa yg menyebabkan justru masa depan akhirat kita kelam. hidup hanya sementara

January 27, 2012 at 2:34 PM

Haduuhhh...
Semoga hanya bercanda ya...

Insyaallah jalan yang lebih berkah masih bisa dipersiapkan.

Anonymous
February 4, 2012 at 5:24 AM

kerja jamaah pahalanya lebih gede daripada munfarid..uahahahaha :D

Post a Comment